| Ini adalah Blog Indonesia saya | Blog Inggris | Blog Non-Serious |
| This is my English Blog | English Blog | Non-Serious Blog |

Sabtu, 29 Juni 2013

Kapan FAA bisa tidak munafik?

Regulator penerbangan sipil Amerika Serikat, Federal Aviation Administration secara berkala meng-audit regulator penerbangan sipil negara² lain untuk menilai kinerja dan penerapan peraturan dari ICAO. Namun dalam hal ini ada sesuatu yang selalu mengganggu dibenak pikiran saya. FAA ini sudah beberapa kali meng-audit negara lain sampai memberikan sanksi (seperti "country category rating) berdasarkan kemampuan menerapkan peraturan ICAO, namun pernahkah mereka menghukum diri mereka sendiri?

Saya masih ingat argumen² pro-kontra dikalangan penerbang Amerika ketika FAA merubah penggunaan kata² untuk pesawat masuk ke runway dan ber-siap² untuk mengunggu ijin lepas-landas. FAA menggunakan kata² "position and hold" dan seluruh dunia menggunakan "line up and wait". Banyak sekali penerbang bahkan petugas ATC di Amerika yang tidak setuju dengan perubahan ini bahkan sampai ada yang mengatakan perubahan ini membahayakan keselamatan terbang! Ma'af saja, jika mereka ingin berbicara mengenai safety, mari kita ingat² kejadian² petugas ATC di New York JFK yang terkenal sedikit "kejam" dengan penerbang² dari negara² yang bahasa Inggrisnya kurang bagus (padahal penerbang² tersebut dinegara lain diperlakukan dengan baik meskipun ketika ada masalah pengertian bahasa). Jangan lupa cara ATC New York JFK ini berbicara cepat dengan bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan ICAO-English, bahkan sampai menghina penerbang² asing tersebut dengan "do you understand English" diteriakkan di frekwensi mereka. Padahal pada saat yang sama, pilot² Amerika banyak yang mengeluh ketika terbang ke negara² yang memperbolehkan bahasa non-Inggris untuk digunakan di radio, seperti Spanyol, Prancis dan Rusia, dan mereka mengeluh bahwa penggunaan bahasa² non-Inggris akan menurunkan kewaspadaan bersama di langit yang padat akan pesawat dan kebiasaan penggunaan bahasa lain tersebut sebaiknya dihentikan.

Lucu kan? Menurut sudut pandang saya yang tidak terlalu serius ini: Bagaimana jika ini semua dimulai dengan Amerika menghentikan penggunaan kata-kata standard FAA diatas langit Amerika dan mulai menggunakan kata-kata standard ICAO, baru setelah itu kita bisa bicara masalah bahasa penerbangan yang serasi!

Gambar diambil dari: http://www.facebook.com/cleared4takeoff



Tentunya, yang saya tulis diatas tidaklah 100% serius maupun tepat, yang saya tulis hanyalah sudut pandang saya saja, namun isu masalah perbedaan penggunaan bahasa ini terus menjadi sumber perdebatan penggunaan bahasa Inggris di penerbangan di dunia!

1 komentar: