| Ini adalah Blog Indonesia saya | Blog Inggris | Blog Non-Serious |
| This is my English Blog | English Blog | Non-Serious Blog |

Jumat, 18 Mei 2012

Cathay Hospitality: Lounge, Klout, dan otak iseng saya!



Dalam upaya bisa "memerah" naik pamornya media sosial internet, anda sekarang bisa menggunakan lounge Cathay Pacific di Bandara Internasional San Francisco menurut artikel blog kawan saya, Klout your way to the Cathay Pacific lounge at San Francisco International Airport. Yang anda butuhkan hanyalah score Klout diatas 40.


Lounge Cathay di SFO (Photo: TravelWeeklyAsia via UXMilk/@9VSKA)
Sepertinya Cathay ingin memasarkan brand nya kepada pengguna aktif media sosial. Menurut Klout, nilai rata² hanyalah 20. Nilai diatas 20 berarti orang tersebut lebih mempengaruhi kawan²nya daripada dipengaruhi oleh mereka. Hal ini mirip dengan menggunakan selebriti ataupun orang "penting" untuk memberikan testimoni untuk sebuah produk.

Maslaahnya, orang yang memiliki nilai Klout diantara 20 dan 60 rata² adalah "pecandu" media sosial dan mereka cenderung juga mengikuti pecandu lainnya, dan kabar/berita akan tersebar dengan cepat... termasuk kabar buruk, plintiran, dan lain². Kebetulan, pada saat saya membaca artikel tersebut di blog UXmilk, saya juga sedang melihat Facebook saya dan menemukan foto ini lengkap dengan keterangan pengantar sebagai berikut:

CX Hospitality in CGK:
First Class: To the left, through the air bridge and into the cabin, please.
Business Class: To the left, through the air bridge and into the cabin, please.
Economy Class: Get the f*** out, through that door, wait on the tarmac and be patient!
(Serius lho! Caption nya persis dengan yang ada di Facebook seseorang penumpang CX)
Saya tahu foto itu hanyalah sebuah guyonan yang kebetulan diakibatkan posisi papan tersebut, namun saya membayangkan bagaimana jika seseorang alay-desperate-mencari-pengajuan-eksistensinya-di-media-sosial, baru mengetahui program kerjasama antara Klout dan lounge Cathay Pacific pada saat melakukan perjalanan dari San Francisco ke Jakarta, dan memutuskan untuk menge-tweet apapun selama perjalanan dan kunjungannya, demi meningkatkan nilai Klout-nya, lalu ditendang keluar dari garbarata melalui pintu tersebut ke apron, dan disuruh menunggu tanpa kejelasan. Saya jamin, nilai Klout-nya akan langsung melejit dengan tweet berisikan pengalamannya, dan lounge Cathay di San Francisco akan langsung dipenuhi oleh penumpang non-Cathay dan non-OneWorld!


Sebelum anda berpikir bahwa saya serius... TENTU SAJA SAYA HANYA GUYON! Saya berharap kerjasama antara Cathay dan Klout untuk akses ke Lounge nya akan diadakan di kota² lain, meskipun saya biasanya tidak terbang menggunakan airline dari aliansi OneWorld... dan saya tentunya memilih untuk memperlihatkan nilai Klout saya untuk bisa masuk ke lounge tersebut daripada harus mengeluarkan uang yang banyak sekali untuk terbang menggunakan first class atau business class, atau membayar biaya masuk agar bisa menikmati "exclusive airline lounge" yang sudah tidak begitu eksklusif lagi karena saya bisa masuk dengan membayar entry fee tersebut... Namun kebanyakan dari yang saya kenal yang ikut dengan Klout, nilainya diatas 40... jadi, ini membuat lounge-nya lebih tidak eksklusif lagi dibanding dengan yang bisa diakses dengan membayar Rp. 100.000 entry fee!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar